Jakarta | economicnews.id – Wakil Menteri Perindustrian RI, H. Faisol Riza, S.S, M.A mengakui, dampak dari kemajuan teknologi transportasi Indonesia mendapat perhatian sejumlah negara. Terutama teknologi transportasi darat seperti kereta api Indonesia dimana kita memiliki PT. INKA.
Salah satunya dari negara benua Australia, New Zeland yang ingin mengimpor 4000 gerbong Kereta Api dari Indonesia.
“Kita (Indonesia) sudah mendapat kontrak dari New Zeland. Mereka minta sebanak 4000 gerbong kereta dari PT. INKA Indonesia. Sayangnya dari berbagai uji kelayakan kita selalu gagal dalam teknologi bantalan roda dan rem kereta api,’’ungkap pak Wamen, saat rapat dengan Yayasan Hezuo Adidharma Sutra Indonesia di kantor Menperin RI, Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, (5/8/25).
Belum juga berhasil dalam uji coba teknologi bantalan rem keretra api, menjadi kendala tersendiri bagi realisasi kontrak dengan New Zeland. Untuk itu pihak kementerian Perindustrian RI menwarkan kepada Ketua dan Pendiri Yayasan Hezuo untuk bisa menghadirkan teknologi tersebut di Indonesia.
“Kita membutuhkan itu. Kalo pihak Yayasan Hezuo bisa menhadirkan itu, kita bisa tindaklanjuti denga kerjasama,” papar Faisol Reza langsung dihadapan Zhang Higuao dan petinggi aasan Hezuo.
Merespon calange dari pihak Kemenperind RI, Zhang Hugiao menyatakan terimakasi dan berjanji akan segera mengkomuninkasikan dengan pihak berkompten di Tionkok.
“Ya, tentu kami harus bicara dengan pihak pemerintah kami, karena ini menyangkut teknologi yang dikuasai negara, apakah nanti bisa dikerjasamakan. Untuk kepastiana segera kami beritahukan,” jawab Zhang dengan bahasa mandarin diterjemhkan langsung oleh translater komunikator Darmawan Li dalam bahasa Indonesia.
Staf Research and Development (R&D) dikenal juga dengan istilah Staf Penelitian dan Pengembangan (Litbang).
Research and Development (R&D) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan dan memperkenalkan produk atau layanan baru kepada konsumen. Dilansir dari Indeed, R&D melibatkan berbagai tugas untuk memahami produk apa yang paling dibutuhkan, berguna, dan diminati di pasar